Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Manuskrip yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain baik di dalam maupun di luar negeri, yang diperkuat dengan melampirkan pernyataan penulis.
    (atau dijelaskan pada kolom Comments to the Editor).
  • Dokumen manuskrip diunggah menggunakan format OpenOffice, Microsoft Word, or RTF.
  • Cantumkan URL referensi jika ada
  • Manuskrip diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah EYD. Gunakan pengecekan kata (spell check) dalam bahasa Indonesia. Margin semua sisi adalah 3 cm, spasi 1,5, huruf atau font arial 11, ukuran halaman A4, jumlah halaman 10–15 halaman, termasuk tabel dan gambar yang berhubungan dengan masalah yang dibahas, tidak diperkenankan memakai catatan kaki.
  • Judul menggunakanukuran font 14, Abstrak ukuran font 11 diketik satu spasi. Daftar pustaka diketik satu spasi dengan inden 0.5. Jarak antara dua pustaka adalah 1,5 spasi. Jumlah tabel maksimal 5 tabel, Judul table ditulis dengan singkat dan jelas diawali dengan huruf besar, diketik di atas tabel, dalam 1 baris dan tidak melebihi batas tabel. No tabel diketik dengan angka arab (1, 2, dst.). Grafik/gambar/tabel tidak dikelompokkan tersendiri, melainkan terintegrasi dengan manuskrip.

Author Guidelines

TUGAS PENULIS

  1. Bertanggung jawab dalam menyusun manuskrip baru dan orisinal.
  2. Tidak mereproduksi manuskrip yang telah dipublikasikan dalam jurnal lain.
  3. Tidak memasukkan manuskrip  yang sedang dinilai oleh salah satu jurnal dan secara bersamaan juga dimasukan kejurnal lainnya.
  4. Penulis diperbolehkan mengirimkan manuskrip ke jurnal lain apabila status manuskripnya dinyatakan ditolak, atau dapat menarik manuskrip walaupun status manuskrip secara resmi diterima.

Format manuskrip

Halaman judul

  1. Judul: Harus bersifat sederhana, informatif, akurat, merefleksikan topic manuskrip, tidak lebih dari 15 kata diluar kata sambung, diketik dengan diawali huruf besar kecuali kata sambung.
  2. Nama penulis diketik tanpa gelar dan konsisten dalam ejaan nama.
  3. Alamat penulis adalah alamat untuk korespondensi yaitu email.
  4. Instansi tempat bekerja
  1. Abstrak menggunakan dua Bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggeris. Terdiri dari 150 – 250 kata meliputi tujuan, desain, setting, subjek, intervensi yang dilakukan, pengukuran, hasil dan kesimpulan, tidak perlu dicantumkan referensi. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci maksimal 6 kata.
  2. Isi manuskrip menggunakan  judul dan subjudul terdiri dari :
  1. Pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah penelitan yang dilengkapi dengan data dan pustaka terkait, pentingnya penelitian dan hipotesis (jika diperlukan).
  2. Metoda yang terdiri dari desain, subjek, lokasi, pertimbangan etis, pengukuran/alat ukur, cara pengumpulan data/ prosedur dan analisis data yang digunakan.
  3. Hasil: Merupakan data temuan yang menguraikan relevansi dengan tujuan penelitian serta dilengkapi dengan hasil analisis statistik.
  4. Pembahasan meliputi uraian hasil temuan, bagaimana kaitannya dengan tujuan penelitian yang didukung dengan penelitian yang sejenis atau yang relevan, keuntungan terhadap pengembangan pengetahuan dan implikasi serta rekomendasi di bidang kajian.
  5. Simpulan adalah pernyataan tentang simpulan dan rekomendasi penelitian selanjutnya.
  6. Ucapan terima kasih kepada organisasi atau individu yang membantu proses penelitian.
  7. Daftar pustaka menggambarkan sumber rujukan yang digunakan dalam manuskrip dan harus sesuai dengan yang ada dalam isi manuskrip, disusun menggunakan system Harvard dengan menggunakan sumber rujukan adalah Jurnal penelitian minimal 10 jurnal atau hasil laporan penelitian dalam bentuk (skripsi, thesis dan disertasi) minimal 10 tahun terakhir.

 

  • Kutipan
      • Dalam manuskrip perujukan dan kutipan menggunakan teknik nama pengarang dan tahun (nama, Tahun). Contoh:

Penulis 1 orang  : Kesuma (2013)

      • Penulis lebih dari empat penulis : Nurhidayat, A.et al., (2013). Pada rujukan ditulis keempat penulis tersebut.
  1. Sumber rujukan Jurnal:

Wiwit, A., Zulfikar dan Bening, R, 2013. Evaluasi Program Penanggulangan Tuberkulosis Paru di Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 7(6), 243-250

  1. Artikel dalam jurnal online

Tidak diperkenankan menggunakan sumber dari Google search dan sejenisnya. Harus sumber langsung dari jurnal tersebut.

Sabeena, J., dan Nasreen, A.S., 2011. Ante Natal Care (ANC) Seeking Behavior Among Womwn Living In An Urban Squatter Settlemennt : Result An Ethnographic Study. Italian Journal of Public Health. 8 (3), 261-267, (online), http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source., diakses tanggal 24 Februari 2015, jam 10.31 WIB. Dirubah webnya menjadi http://ijphjournal.it/article/view/8671/7849.

  1. Tesis/Disertasi

Tasman., 2005. Hubungan Lingkungan Eksternal Remaja dengan Risiko Penyalah gunaan Napza pada Siswa di SMA/SMK Kecamatan Beji Depok. Tesis tidak dipublikasikan. Universitas Indonesia.

Wood, M.A., 2004, A Study of the Perception of the Impact of Modelling on the Development of Commitment to Action in Decision Conferencing, Phd thesis, Curtin University of Technology.

 

 

  • PERUBAHAN PENULISAN

 

Perubahan kepenulisan menyangkut penambahan, penghapusan, atau penataan ulang nama penulis dari diterima naskah. Permintaan untuk menambah atau menghapus seorang penulis, atau untuk mengatur ulang nama penulis, harus disertai:

  1. Alasan nama harus ditambahkan atau dihapus, atau nama-nama penulis ulang dan
  2. konfirmasi tertulis (e-mail, fax, surat) dari semua penulis sebelumnya bahwa mereka setuju dengan penambahan, penghapusan atau penataan ulang.

Perhatikan bahwa akibat perubahan tersebut menjadi resiko penulis jika publikasi  harus ditunda (jika belum diterbitkan) dan apabila sudah diterbitkan maka mengakibatkan Corrigendum sebuah artikel.

 

 

  • PENOLAKAN ARTIKEL

 

Editor dan Mitra Bestari memiliki wewenang menolak artikel yang tidak sesuai. Editor dan Mitra Bestari mengevaluasi semua naskah. Naskah ditolak disebabkan adalah tidak orisinil, tidak cukup asli, atau memiliki kekurangan ilmiah, miskin tata bahasa Indonesia/ bahasa Inggris, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup jurnal adanya potensial konflik interest. Kegagalan untuk mengikuti Panduan untuk Penulis dan struktur artikel.