PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI TENTANG PROGRAM KELUARGA BERENCANA

Authors

  • Iin Fadhilah Program Studi Ilmu Kebidanan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • As’ad Suryani Program Studi Ilmu Kebidanan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Nontji Werna Akademi Kebidanan Menara Primadani
  • Sinrang Wardihan Program Studi Ilmu Kebidanan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Ahmad Mardiana Program Studi Ilmu Kebidanan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Usman Nilawati Program Studi Ilmu Kebidanan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia

Keywords:

Penyuluhan menggunakan media video, pengetahuan, dukungan, keluarga berencana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan suami dan dukungan suami tentang Keluarga Berencana pada unmet need sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Tampa Padang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment yang menggunakan rancangan percobaan Pretest Posttest with Control Group. Dalam penelitian ini menggunakan sampel suami dari Pasangan Usia Subur (PUS) yang tidak ber-KB. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Kothari dengan jumlah populasi 2.161 orang maka sampel yang digunakan sebanyak 48 orang yang dibagi menjadi dua kelompol (24 kelompok kontrol dan 24 kelompok eksperimen).Hasil penelitian menggunakan ujiWilcoxonpada kelompok kontrol terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan suamiantara pretestdan posttest dengan p-value = 0,017. Dan pada kelompok eksperimen juga terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan suami antara pretest dan posttest dengan p-value = 0,000. Penelitian menggunakan uji Mc Nemarpada kelompok kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan dukungan suami antara pretest dan posttest dengan p-value = 0,063. Sedangkan pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan dukungan suami antara pretest dan posttest dengan p-value = 0,000. Kesimpulannya penyuluhan menggunakan media video lebih berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan dukungan suami tentang KB pada unmet need.

References

1. Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018].; 2019. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2018.pdf.
2. BKKBN, BPS, Kemenkes RI. Survei Demografi Kesehatan Indonesia. Usaid. 2018:1-606.
3. Puskesmas Tampa Padang. Data Kependudukan.; 2019.
4. Bappenas RI. Laporan Kinerja Kementerian PPN/BAPPENAS. 2017:1-47.
5. Ina Kuswanti et al. hubungan Dukungan Suami dengan keiutsertaan ibu dalam mengikuti Program KB IUD. 2017.
6. Fitriani YD. Hubungan tingkat pengetahuan dengan dukungan suami dalam penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim di bps ny yayuk saipul desa tlogosadang paciran lamongan. :22-26.
7. Subur WU, Device IU. EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL TENTANG KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE TERHADAP PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR EFFECTIVENESS OF AUDIOVISUAL MEDIA ON INTRA UTERINE DEVICE CONTRASEPPTION TO THE KNOWLEDEGE OF FERTILE WOMEN Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes. 2019;14(1):7-12.
8. Rinik Eko Kapti et al. Efektivitas Audiovisual sebagai Media Penyuluhan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan sikap ibu dalam tatalaksana balita dengan diare di dua rumah sakit kota malang. Ilmu Keperawatan. 2013;1(1).
9. Prijatni I S rahayu. Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan Kesehatan Reproduksi Dan Keluarga Berencana.; 2016.
10. Ahmad Kholid. Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media Dan Aplikasinya.; 2012.
11. Sulastri S, ChichikNirmasari. Hubungan dukungan suami dengan minat ibu dalam pemakaian kontrasepsi iud di bergas. Akad Kebidanan Ngudi Waluyo Ung. 2013:2-7.
12. Al R et. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Audiavisual Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu Balita Gizi Kurang dan Gizi Buruk di Kabupaten Kota Waringin Barat Provinsi kalimantan Tengah. Gizi Klin Indones. 2007;4(2):69-77.
13. Amaral G, Bushee J, Cordani UG, et al. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. J Petrol. 2013;369(1):1689-1699. doi:10.1017/CBO9781107415324.004
14. Soekidjo Notoadmojo. Promosi Kesehatan Dan Prilaku Kesehatan.; 2014.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Fadhilah, I., Suryani, A., Werna, N., Wardihan, S., Ahmad Mardiana, & Usman Nilawati. (2020). PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI TENTANG PROGRAM KELUARGA BERENCANA. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 12(2), 395-402. Retrieved from https://juriskes.com/index.php/jrk/article/view/1752