IDENTIFIKASI DAN DAYA HAMBAT SAYAP LALAT RUMAH (Musca domestica) TERHADAP Escherichia coli

Authors

  • Angga Rizki Ahmadi Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Bandung
  • Asep Dermawan
  • Iis Kurniati
  • Dewi Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.789

Keywords:

Musca domestica, Escherichia coli, Actinomycetes, sayap kanan

Abstract

Lalat rumah merupakan hewan yang dapat membawa berbagai bakteri tertentu contohnya Escherichia coli (E.coli). Rosullallahu alaihi wasalam yang bersabda “Apabila seekor lalat hinggap di tempat minum salah seorang dari kalian, hendaknya ia mencelupkan ke dalam minuman tersebut, kemudian, membuangnya, karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap  lainnya terdapat penawarnya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui apakah lalat rumah (Musca domesticaActinomycetes pada salah satu sayap lalat rumah. Metode penelitian ini menggunakan kuasi experimen dengan desain penelitian eksperimen. Untuk mengidentifikasi E. coli dari lalat rumah (Musca domestica), tubuh lalat ditanam pada media Trytone Soy Broth (TSB), kemudian TSB yang keruh menadakan pertumbuhan bakteri, lalu dari TSB isolasi ke media Mac Conkey Agar dan untuk memastikan itu E. coli yaitu dengan  menggunakan pewarnaan gram dan uji biokimia dari hasil isolasi pada media Mac Conkey Agar. Kemudian data yang diperoleh dianalisa dengan cara visual yaitu dengan melihat kekeruhan pada media TSB. Hasil penelitian menunjukan bahwa sayap kanan lalat rumah (Musca domestica) memiliki Actinomycetes yang mampu menghambat pertumbuhan E. coli, tetapi pada sayap kiri lalat rumah (Musca domestica) tidak bisa menghambat pertumbuhan E. coli. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dari sayap kanan lalat rumah (Musca domestica) mampu menjadi penawar untuk E. coli yang dibawa oleh lalat rumah (Musca domestica).

References

1. Hastutiek, P., & Fitri, L. E. (2007). Potensi Musca domestica Linn. Sebagai Vektor Beberapa Penyakit. Kedokteran Brawijaya, Vol. XXIII, No. 3,, 125-136.
2. Suwito, W. (2010). Bakteri Yang Sering Mencemari Susu: Deteksi, Patogenesis, Epidemiologi, Dan Cara Pengendaliannya. Litbang Pertanian, 96-100.
3. Andiarsa, D., Setianingsih, I., Fadilly, A., Hidayat, S., Hairani, B., & Setyaningtyas, D. E. (2015). Bacteriological Overview of Flies and Culicidae (Ordo : Diptera) in The Field of Zoonoses Research Office of Tanah Bumbu. Vector Penyakit, 37-44.
4. Atta, R. M. (2014). Microbiological Studies on Fly Wings (Musca domestica) Where Disease and Treat. World Journal of Medical Sciences, 486-489.

Downloads

Published

2019-07-19

How to Cite

Ahmadi, A. R., Dermawan, A., Kurniati, I., & Nurhayati, D. (2019). IDENTIFIKASI DAN DAYA HAMBAT SAYAP LALAT RUMAH (Musca domestica) TERHADAP Escherichia coli. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 309-312. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.789

Most read articles by the same author(s)