Pemberian Jus Tomat Untuk Penurunan Tekanan Darah Hipertensi Pada Usia Dewasa

Assyfa Qoltsum Nurrofawansri, Judiono Judiono, Holil M Par'i, Rizki Amalia Novita

Abstract

Prevalensi hipertensi di Indonesia pada umur ≥18 tahun berdasarkan Riskesdas 2013 sebesar 25,8 persen. Kalium yang tinggi dapat meningkatkan eksresi natrium dalam urin, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Tomat adalah bahan makanan yang mengandung tinggi kalium. Tujuan penelitian, mengetahui pengaruh pemberian jus tomat terhadap penurunan tekanan darah pada orang dewasa. Desain penelitian, quasytwo group experimentaldesign denganmenggunakan pre test danpost test. Masing-masing kelompok terdiri dari 14 orang sampel. Jus tomat diberikan sebanyak 200 ml selama 5 hari dan penyuluhan sebanyak 2x. Hasil penelitian, pemberian jus tomat menunjukan penurunan tekanan darah sistolik (p=0,001) dan diastolik (p=0,003) pada kelompok perlakuan. Sedangkan pada kelompok kontrol terjadi penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik tetapi tidak bermakna. Pemberian jus tomat akan memberikan pengaruh terhadap penurunan tekanan darah lebih besar pada laki-laki dibandingkan pada perempuan, dan pada orang yang memiliki status gizi gemuk dibandingkan pada orang dengan status gizi normal. Saran, untuk menurunkan tekanan darah hipertensi seyogyanya diberikan jus tomat sebanyak 200 ml setiap hari. Pemberian jus tomat pada laki-laki dan pada orang dengan status gizi gemuk memberi pengaruh yang lebih besar.


 


Kata kunci: Jus Tomat, Penyuluhan, Tekanan Darah, Status Gizi, Natrium, Kalium

Full text article

Generated from XML file

References

1. Riskesdas. 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
2. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI Tentang Hipertensi. Jakarta: Pusat Data Dan Informasi Kemenkes RI.
3. Budiman, H. 1999. Peranan Gizi Pada Pencegahan Dan Penanggulangan Hipertensi. Medika, Desember.
4. Jacob, G. 2005. Hypertension (High Blood Pressure): Food/Diet.
5. Ima, Alina. 2015. Pengaruh Pemberian Jus Mentimun Dan Tomat Terhadap Tekanan Darah Perempuan Overweight Dan Obesitas. Fakultas Kedokteran : UNDIP.
6. Lestari, Aryati. 2012. Pengaruh Pemberian Jus Mentimun Dan Tomat Terhadap Tekanan Darah Perempuan Overweight Dan Obesitas. Fakultas Kedokteran : UNDIP.
7. Hull, A. 1996. Penyakit Jantung, Hipertensi, dan Nutrisi. Jakarta: Bumi Aksara.
8. Astawan. 2003. Studi perbandingan kalium dan natrium. repository.usu.ac.id/.../4/Chapter%20II.pdf.
9. Kumalaningsih, Sri. 2006. Antioksidan Alami. Surabaya: Trubus Agrisarana.
10. Ginting, RY. 2008. Pengaruh Pengolahan Terhadap Kadar Likopen Buah Tomat dengan Pengaruh Penyimpanan Pada Suhu Dingin Terhadap Mutu Produk Olahan Tomat. Bogor: Institut Pertanian Bogor Fakultas Teknologi Pangan.
11. Tantri dan Sumarni. 2008. Parameter Likopen Dalam Standarisasi Konsentrat Buah Tomat. Puslitbang BSN.
12. Sembiring, Monika. 2013. Pemanfaatan Tomat Terhadap Wanita Dewasa Penderita Hipertensi Stadium Satu DI RW 13 Kampung Mokla Bandung Barat. Bandung: Skripsi.
13. Shinta, Bayu N. 2012. Pwngaruh Penyuluhan Diet Hipertensi Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan 1 Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
14. Sugiharto. 2007. Faktor-faktor Resiko Hipertensi Grade II Pada Masyarakat Di Kabupaten Karanganyar.
15. Garnadi, Yudi. 2012. Hidup Nyaman Dengan Hipertensi. PT Agro Media Pustaka.
16. Ardiansyah, Hengky. 2016. Analisis Hubungan Faktor-Faktor Resiko Hipertensi Dengan Kejadian Hipertensi Pada Penduduk Usia 20-65 Tahun Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jember: Universitas Jember.
17. Depkes RI. 2006. Pedoman Teknis Dan Tatalapok intervensi dan 66,7 %di sampel yaituksana Penyakit Hipertensi. Jakarta: Direktorat Jendral PP dan PL.
18. Astari, dkk. 2014. Faktor Resiko Riwayat Keluarga, Status Gizi, Dan Riwayat Diabetes Meilitus Terhadap Kejadian Hipertensi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hassanudin.
19. Rosalina. 2008. Gambaran Kebiasaan Merokok Dan Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Dewasa. Perkutatan.
20. Nurmanah, Bela. 2013. Hubungan Antara Asupan Natrium, Kalium, Dan Kejadian Hipertensi Pada Pasien Strole Rawat Inap Di RSUD R.Syamsudin. Skripsi: Poltekkes Kemenkes Bandung.
21. Black & Hawks. 2005. Medical Surgical Nursing: Clinical Management For Positive Outcomes. St Louis: Elsevier Saunders.
22. Anggraini. 2009. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pasien yang Berobat Di Poliklinik Dewasa Puskesmas Bangkinang. Periode Januari Sampai Juni.

Authors

Assyfa Qoltsum Nurrofawansri
assyfaqoltsumn@gmail.com (Primary Contact)
Judiono Judiono
Holil M Par'i
Rizki Amalia Novita
Nurrofawansri, A. Q., Judiono, J., Par’i, H. M., & Novita, R. A. (2019). Pemberian Jus Tomat Untuk Penurunan Tekanan Darah Hipertensi Pada Usia Dewasa. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG, 11(1), 173-182. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i1.703
Copyright and license info is not available

Article Details

Most read articles by the same author(s)